Monday, May 11, 2009

Komando, Kendali, koordinasi dan Informasi pada Operasi "Tameng Petir / 09"















Sangat mudah untuk diucapkan,tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan tanpa adanya perencanaan yang matang dan latihan yang berkesinambungan. Dalam suatu peperangan, pihak yang dapat mengoptimalkan kesatuan komando, kendali dan koordinasi antara unsur - unsur yang terlibat dan penyerapan informasi yang up to date sudah hampir dapat dipastikan memenangkan pertempuran dengan catatan persenjataan dan sumber daya manusianya sama.


Salah satu elemen penting untuk mencapai hal tersebut diatas adalah peralatan komunikasi yang efektif dan efisien serta mudah penggunaanya sangat diperlukan dalam pelaksanaan suatu operasi khususnya operasi gabungan apapun bentuknya. Dengan adanya peralatan komunikasi yang baik dan mudah penggunaanya diharapkan koordinasi antara satuan - satuan yang terlibat menjadi semakin mudah dan melancarkan jalannya operasi.

Pada pelaksanaan operasi pertahanan udara ambalat "tameng petir/09" terdapat satu kemajuan yang signifikan dalam hal peralatan komunikasi ini. Pada pelaksanaan operasi, komunikasi antara pesawat tempur dan unsur laut dalam hal ini KRI untung Surapati yang juga melaksanakan operasi secara paralel di perairan ambalat sudah dapat terjalin dengan sangat baik sehingga unsur udara yang terlibat dapat menerima informasi yang up to date tentang situasi dan perkembangan terakhir di daerah operasi. Unsur KRI dapat menyebutkan posisi kawan dan lawan secara jelas sehingga unsur udara dapat mengantisipasi manuver yang dilaksanakannya. Dengan adanya kemajuan ini, salah satu handicap dalam pelaksanaan operasi udara dapat dieliminir sehingga periatiwa laut aru pada masa Trikora dulu dimana kekuatan laut RI dibantai oleh kekuatan udara Belanda tidak terjadi lagi.


Kemajuan ini didukung pula oleh komunikasi yang baik dengan Satrad Tarakan sehingga segala macam bentuk pergerakan di udara dapat dimonitor dan dapat secara langsung diinformasikan ke pesawat tempur yang sedang melaksanakan operasi. Semoga saja kemajuan berarti yang dicapai pada operasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa yang akan datang dengan scope yang lebih besar dan melibatkan unsur - unsur lainnya sehingga sasaran pelaksanaan operasi dapat tercapai dengan optimal.

No comments: